Tuesday 3 September 2013

Cara Mudah Irit Pemakaian BBM Kendaraan Kesayangan Anda

Setelah Anda membaca pada posting sebelumnya, berikut ini tips lain yang patut diperhatikan pula, jika Anda ingin mengirit pemakaian BBM pada kendaraan kesayangan Anda, tips dibawah ini mungkin lebih kepada 'saran' yang bersifat non teknis, dalam mengirit pemakaian BBM, sebagai kebutuhan sehari-hari.

1. Kebiasaan ke luar kantor makan siang / malam, lebih baik dikurangi. Membawa bekal / delivery order, tampaknya selain lebih simple, juga terasa lebih baik untuk konsumsi pemkaian BBM kendaraan Anda.

2. Jika bepergian, ajaklah keluarga atau rekan yang satu tujuan, untuk pergi bersama dalam satu kendaraan. Untuk urusan yang sama tak perlu harus menjalankan dua atau tiga kendaraan, jika dengan satu unit kendaraan saja sudah terasa cukup.


3. Beralih lah ke angkutan umum seperti busway, KA, angkutan kota, atau metromini(khusus DKI Jakarta).

4. Ketika jalanan macet, saat ke luar kota, sebaiknya berhenti dulu. Berganti aktivitas lain seperti istirahat, makan, ke kamar kecil, atau mengisi BBM hingga kemacetan terurai.

5. Mengemudilah dengan smooth. Kurangi frekwensi pengereman. Saat menghadapi lampu merah tidak perlu menggeber gas, biarkan mobil meluncur kerena harus berhenti. Kurangi frekwensi menginjak pedal gas lalu mengerem. Tindakan ini merupakan langkah pembuangan energi yang sia-sia.

6. Saat meluncur atau menurun, tuas persneling jangan diposisikan pada neutral. Efek engine brake terbukti lebih menghemat BBM daripada stasioner.

7. Nyalakan AC seperlunya, tidak perlu terlalu dingin, karna otomatis akan berakibat konsumsi BBM kendaraan akan lebih boros.

8. Minta bengkel melakukan setting timing yang tepat, sesuai dengan jenis bahan bakar yang dipakai. Titik pengapian terlalu maju atau mundur mengakibatkan boros BBM.

9. Bersihkan saringan udara (bisa dilakukan sendiri) per 2.500 km atau tergantung kondisi.

10. Jangan memanaskan mobil terlalu lama, maksimum 2 menit saja. Warming-up mesin selama 30 menit, sama artinya dengan terjebak macet selama 30 menit juga.

11. Carilah rute / jalan alternatif yang tidak macet, agak jauh sedikit asal lancar tetap lebih mengirit.

Terlihat cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment