1. Cek Mesin, AC, dan kopling
Mesin, AC, rem dan kopling akan bekerja lebih ekstra, disaat Anda melakukan perjalanan jauh. Sehingga oli mesin pasca mudik dianjurkan untuk diganti, serta jangan lupa lakukan pemeriksaan pada sistem rem dan kopling kendaraan Anda, agar kinerjanya kembali maksimal.2. Cek kondisi kaki-kaki
Kondisi sistem suspensi atau yang dikenal dengan kaki-kak (shock absorber, strut, tie road, ball joint) juga jangan lupa diperhatikan. Karena mungkin saja anda melewati medan jalan yang rusak selama perjalanan mudik kemarin, perhatikan pula spooring dan balancing, atau wheel alignment depan dan belakang. Cek ulang juga pasca mudik.
3. Cek Oli Transmisi
Udara ekstrim juga pasti dihadapi oleh anda selama perjalanan mudik sehingga jangan lupa untuk perhatikan kondisi oli transmisi (baik yang otomatis maupun manual).4. Cek wiper
Tidak hanya udara, cuaca hujan yang bisa saja datang kapan pun memerlukan anda untuk memperhatikan wiper mobil anda. Dan saat mudik, wiper akan lebih banyak difungsikan. Implikasinya kualitas karet wiper perlu diperhatikan, dan disarankan diganti terlebih jika sudah lama dari pergantian terakhir.
Khusus Perawatan mobil berumur
Beberapa masalah di atas bukan hanya berlaku untuk kendaraan usia tertentu saja. Meskipun mobil berusia tua pasti mendapat perhatian lebih khusus karena sasisnya mulai ada perubahan kondisi (baik akibat benturan atau karat), namun umumnya spare part yang tidak diganti tentu dapat berpotensi rusak.Kinerja sistem pendingin dan pelumasan pada mesin terhitung masih baik dan bukanlah kendala yang berarti, tapi dengan catatan teratur mengikuti jadwal perawatan berkala di jaringan purna jual.
Ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti sistem pendinginan (radiator dan motor fan radiator), kebocoran air pendingin dan pelumas, serta terhadap kondisi rem dan kopling.
No comments:
Post a Comment