Sunday 14 July 2013

Siapa Tergusur? Persaingan Mobil Bekas Semakin Ketat

Di tengah gempuran munculnya mobil baru, persaingan pasar mobil bekas khususnya pada jenis low MPV ternyata tetap stabil dan cenderung ketat. Malah di kelas ini cenderung memberi angin positif, atau mengalami peningkatan penjualan. Seperti yang dirasakan beberapa pedagang mobil bekas di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

“Mobil bekas low MPV lebih banyak diminati ketimbang jenis lainnya seperti SUV, city car, atau sedan. Menjual mobil bekas low MPV seperti Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan Toyota Avanza lebih menguntungkan. Tak lain karena karena perputaran uangnya cepat. Paling lama satu minggu mobil tersebut sudah terjual,” ungkap Merdy, pedagang mobkas Bintang Motor di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Alasan MPV tetap diminati adalah daya tampung penumpang ekstra dan harga jual kembali tinggi. Apalagi mobil bekas low MPV sudah beberapa merek dan tersedia di showroom mobkas. Dulu jenis mobil ini hanya didominasi dua pabrikan yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Makanya Avanza dan Xenia menguasai pasar mobkas low MPV.

Tapi saat ini, pamor duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di bursa mobil bekas sudah cenderung bergeser, karena kemunculan hadirnya Suzuki Ertiga. “Sekarang ini, untuk kelas low MPV orang lebih mencari Ertiga ketimbang Avanza atau Xenia,” tambah Merdy.

Fakta di lapangan, Ertiga bekas lebih cepat terjual dibandingkan Avanza. Semisal, ketika Ertiga dan Avanza dipajang di showroom mobkas secara berbarengan, konsumen lebih memilih Ertiga dibandingkan Avanza.



“Sekarang ini Ertiga lebih cepat terjual, tiga hari dipajang sudah ada pembelinya. Selain itu, mobkasnya di pasaran juga masih jarang karena tergolong masih baru. Selain itu, beberapa konsumen tetap kami, sudah ada yang pesan jika tersedia Ertiga bekas,” lanjut Merdy.

“Saya pilih Ertiga karena modelnya masih baru. Lalu fiturnya lebih banyak dan sudah ada airbag. Saya kebetulan pas lewat Pondok Cabe ada Ertiga lagi dipajang, jadi langsung saya kasih uang tanda jadi dulu, biar tidak direbut orang,” imbuh Ihsan, salah satu konsumen mobil bekas.





Jika dilihat dari harganya, Suzuki Ertiga justru lebih mahal dibandingkan Avanza dengan tahun yang sama. Contohnya Ertiga GX MT tahun 2012 dibandrol Rp 155 juta, sedangka All New Avanza MT tahun 2012, harganya Rp 140 juta.

Karena modelnya masih baru dan termasuk pendatang baru di kelas low MPV, Ertiga sekarang menjadi pilihan utama mobkas di kelasnya. Dengan begitu mobkas Avanza bukan lagi menjadi primadona.

No comments:

Post a Comment